Monday, June 13, 2011

Mempercepat Akses Folder dan File Komputer

Jika temen-temen perhatikan saat kita mengakses folder-folder yang ada dalam komputer melalui My Computer biasanya ada sedikit jeda waktu sebelum folder dan isinya terbuka alias tidak bisa langsung terbuka. Jeda waktu tersebut dikarenakan sistem Windows XP otomatis melakukan pencarian file yang ada pada komputer lain dalam jaringan (network) dan juga printer-printer yang terhubung dalam satu jaringan, walaupun komputer kita tidak terhubung dengan jaringan.

Tentunya jeda waktu tersebut sedikit banyak menghambat, apalagi jika kita sedang terburu-buru mencari file tertentu dalam komputer kita, apalagi jika komputer kita berdiri sendiri tidak masuk dalam jaringan.
Untuk membantu mempercepat akses folder tersebut berikut ada sedikit tips sederhana, yaitu dengan menghilangkan perintah pencarian file dan printer dalam jaringan. Tips ini kelanjutan dari tulisan sebelumnya yaitu tentang mempercepat Windows XP melalui Menonaktifkan Indexing Service dan Optimalisasi Display Settings.
Pertama masuk ke My Computer dan pilih menu Tools kemudian pilih Folder Options.
Pada panel Folder Options, kita masuk ke tab menu View dan hilangkan tanda centang pada pilihan Automatically search for network folders and printers.
Setelah itu, tinggal klik Apply kemudian Ok, terakhir restart komputer untuk dapat melihat hasilnya. Seharusnya sekarang kita bisa lebih cepat dalam mengakses folder dan file komputer kita.
Demikian tips singkat dan sederhana ini, semoga bermanfaat.

No comments: