Monday, June 13, 2011

Membersihkan File Prefetch Windows XP

Membersihkan File Prefetch Pada Saat Shutdown dengan Program Otomasi : File Prefetch yang ada pada Windows XP adalah file yang berfungsi untuk mempercepat proses loading atas program-program yang sering dijalankan pada lingkungan Windows dan juga berfungsi untuk mempercepat proses booting Windows XP. Namun demikian jika foldernya sudah terlalu banyak/penuh (terutama file-file yang sudah "kedaluwarsa") maka hal ini dapat mengakibatkan menurunnya performa Windows. Oleh karena itu, untuk menjaga agar performa computer tetap "fit", kita harus rajin-rajin membersihkan file-file yang terletak di direcktori C:\Windows\Prefetch\ tersebut.
Sebenarnya "pekerjaan" tersebut adalah pekerjaan yang sepele namun kadang-kadang karena malas atau bahkan lupa maka akhirnya pekerjaan tersebut menjadi terlewatkan yang kemudian dapat menyebabkan performa computer menjadi menurun (melambat).
Nah, tentunya kita tidak mau hal tersebut terjadi, bukan?!! Jika demikian, kita dapat membuat program otomasi yang memungkinkan melakukan penghapusan file-file prefetch setiap kali computer dimatikan (shutdown) secara otomatis.



Jika tertarik, silakan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.
Pertama, bukalah notepad
Kedua, ketikkan perintah seperti di bawah ini.
del C:\Windows\Prefetch\*.* /q
Ketiga, simpan dengan nama ekstension *.bat (misalnya prefetch.bat) pada direktori yang kita inginkan.
Keempat, buka group policy editor (gpedit.msc) dengan cara klik Start >> Run >> ketikkan “gpedit.msc” (tanpa tanda petik) kemudian tekan ENTER atau OK hingga muncul jendela group policy editor.
Kelima, kemudian klik Computer Configuration\Windows Settings\Scripts (Startup/Shutdown)
Keenam, pada kolom sebelah kanan pilih (klik double) pada Shutdown hingga muncul jendela seperti di bawah ini.
Ketujuh, klik Add kemudian akan muncul jendela seperti di bawah ini.
Kedelapan, pada Script Name klik browse kemudian arahkan pada folder atau direktori tempat kita menyimpan file yang tadi baru kita buat (dalam contoh ini prefetch.bat).
Kesembilan, jika sudah ditemukan klik Open kemudian klik OK ("Scripts" Parameters dikosongkan saja).
Kesepuluh, klik Apply dan/atau OK.
Kesebelas, selesai
Sekarang cobalah untuk merestart computer dan kemudian ceklah pada direktori C:\Windows\Prefetch\ dan pastikan file-file *.pf-nya sudah bersih.
Post a Comment