Monday, June 13, 2011

Tool untuk menganalisa kenapa sistem komputer crash/hang WhoCrashed

WhoCrashed Komputer kita sering crash atau tiba-tiba restart atau mati sendiri tanpa adanya peringatan/tampilan layar biru?
Mungkin selama ini kita sering berasumsi bahwa crashnya tersebut akibat kegagalan hardware namun dalam kenyataannya kebanyakan crash muncul akibat dari kegagalan pemakaian dari perangkat driver dan modul kernel. Dalam kasus kernel yang eror, kebanyakan komputer yang terinstal Windows tidak akan menampilkan tampilan layar biru kecuali sistemnya memang diatur untuk bisa seperti itu. Alih-alih nantinya sistem akan reboot secara tiba-tiba tanpa adanya pemberitahuan.
Lalu bagaimana solusinya untuk menganalisa masalah crash ini?
Aplikasi WhoCrashed dapat menjadi solusinya. WhoCrashed adalah sebuah tool yang menganalisa penyebab kenapa sistem Windows kita crash secara menyeluruh.
Dengan WhoCrashed kita tidak perlu menjadi seorang yang memiliki keahlian debugging untuk menentukan langkah yang perlu diambil ketika komputer kita crash. Tool ini akan menunjukkan driver apa yang menyebabkan komputer crash cukup dengan sekali klik.

Catatan:
WhoCrashed tidak akan menjamin 100% bahwa driver yang ditemukan merupakan penyebab crash pada komputer namun seringnya dalam banyak kasus analisa WhoCrashed tepat.
WhoCrashed bergantung pada Windows Debugging Package (WinDbg) dari Microsoft. Jika komputer kita belum terinstal WinDbg maka WhoCrashed akan mendownload secara otomatis lalu mengekstraknya.

No comments: